Pages

Labels

Kamis, 01 November 2012

GOL LIONEL MESSI

Lionel Messi tak henti-hentinya masuk buku rekor. Pemain Terbaik Dunia dalam tiga tahun terakhir ituRekor demi rekor terus diperbarui oleh Lionel Messi. Yang terakhir, saat mengantar Barcelona menang 5-3 atas Granada dinihari tadi adalah ketika dia mencetak hattrick dan memposisikan dirinya sendiri sebagai pemain Barcelona paling subur dalam sepanjang sejarah klub.
Capaian gol Messi saat ini adalah 234 gol, melewati koleksi Cesar Rodriguez yang bertahan selama lima dekade, 232 gol. Cesar Rodriguez mencatat rekor tersebut diusia 34 tahun. Dengan usia Messi saat ini yang masih 24 tahun, bukan tidak mungkin rekor tersebut akan terus diperbaiki, yang membuat pemain lain kesulitan mengejarnya. Namun ada angka-angka lain yang bisa dikaitkan dengan Messi dan semua pencapaiannya. Editor GOAL.com Spanyol Bey Hayward menyajikannya untuk Anda.
3 - Hattrick yang dicetak Messi di Liga Champions, menyamai rekor Filippo Inzaghi. Juga hanya ada tiga pemain Barcelona yang bisa mencetak hattrick di Liga Champions, antara lain Rivaldo, Ronaldinho dan Samuel Eto'o. Messi juga menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak tiga gol dalam dua kesempatan di satu musim di Liga Champions.
3 - Pemain asal Argentina itu juga sudah meraih tiga tropi Ballon d'Or, menyamai perolehan Michel Platini, Johan Cruyff dan Marco Van Basten.
4 - Sudah tiga kali Messi mengakhiri kompetisi Liga Champions dengan menjadi topskor. Musim ini, bukan tidak mungkin dia mencatat prestasi keempatnya. Jika benar demikian, Messi berarti hanya tertinggal dari Gerd Muller, satu-satunya pemain yang bisa sampai lima kali menjadi topskor di Liga Champions.
5 - Messi juga menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak lima gol dalam satu laga Liga Champions, yaitu saat Barcelona menang 7-0 atas Bayer Leverkusen dua minggu lalu.
6 - Messi juga menjadi pemain yang bisa mencetak gol di enam kompetisi yang diikuti Barcelona di musim ini, mulai dari La Liga Spanyol, Copa Del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Selain Messi, Pedro Rodriguez juga sempat mencatat prestasi yang sama di tahun 2009.
10 - Rating yang didapat Messi dari GOAL.com kala mencetak lima gol ke gawang Leverkusen. Sempurna.
12 - Messi sudah mencetak 12 gol di kompetisi Eropa musim ini, menyamai rekor Ruud Van Nistelrooy di musim 2002/03 dalam satu musim kompetisi Liga Champions. Messi punya kesempatan memperbaiki catatannya itu karena Barcelona masih mendapat jatah bermain di perempat-final.
18 - Sejak melakoni debutnya di tahun 2005 bersama Barcelona, Messi sudah meraih 18 tropi juara. Messi juga sudah mencetak 18 hattrick untuk Barcelona, mencetak empat gol dalam dua kesempatan dan lima gol ke gawang Leverkusen baru-baru ini. Delapan dari hattrick tersebut diciptakan di musim ini di berbagai kompetisi.
22 - Tiga gol ke gawang Swiss menjadikan koleksi gol Messi untuk Argentina menjadi 22 gol dari 67 pertandingan.
24 - Saat menang 3-1 atas Leverkusen di leg pertama, gol Messi di pertandingan tersebut menjadikannya sebagai pencetak rekor gol di fase knock out dengan 19 gol. Tambahan lima gol di leg kedua memastikan label tersebut.
49 - Jumlah gol yang dilesakkan Messi di Liga Champions, melewati koleksi Alessandro Del Piero (44 gol), Filippo Inzaghi (46), Eusebio (47) dan Andriy Shevchenko (48), yang menjadikannya bakal topskor sepanjang masa. Di depan Messi masih ada Thierry Henry (51), Van Nistelrooy (54) dan Raul (71).
54 - Jumlah gol terbanyak Messi dalam satu musim di semua kompetisi yang dibukukan musim lalu. Musim ini dia sudah mencetak 54 gol. Dengan 16 laga yang masih harus dijalani, sangat memungkinkan jumlah gol tersebut bakal bertambah dalam waktu dekat.
66 - Di 50 laga kandang bersama Barcelona di Nou Camp, pemain berusia 24 tahun itu sudah mencetak 66 gol.
94 - Tak hanya mencetak gol, Messi juga piawai membuat assists dan angka 94 adalah kontribusinya dalam mengumpan selama membela Barcelona. Musim ini, Messi sudah mencetak 21 assists.
192 - Sejak ditangani Pep Guardiola, produktivitas Messi langsung melejit dengan 192 gol dari 204 laga resmi bersama Barcelona.
234 - Total jumlah gol yang dibukukan Messi sejauh ini.
369 - Target Messi berikutnya. Jumlah tersebut dicatatkan oleh Paulino Alcantara, termasuk penampilan di laga tidak resmi. Dengan usia yang masih 24 tahun, dengan prediksi karir yang masih panjang, Messi punya banyak waktu untuk memperbarui rekor tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar